Begini Cara Facebook Mencegak Anda Bunuh Diri

14.01
Begini Cara Facebook Mencegak Anda Bunuh Diri

Di era sosial media sekarang ini, siapakah dari anda yang tidak mengenal facebook ? saya bisa pastikan orang – orang yang tidak mengenal facebook akan sangat kecil sekali jumlahnya. Ya, facebook saat ini memang sedang menjadi tren dan  raja  sosial media, tiap menit bahkan detik, orang – orang di setiap belahan dunia mengupdate statusnya di facebook.

Facebook seakan telah menjadi sebuah fenomena dalam kehidupan manusia, perkembangan pengguna situs sosial media ini semakin lama semakin tidak terbendung. Mulai dari anak – anak, remaja, dewasa bahkan sampai orang tua kini dipastikan sebagian besarnya sudah memiliki akun facebook.

Jika melihat dari segi manfaat, kehadiran facebook dalam kehidupan manusia seolah menjadi jawaban dari keinginan untuk selalu terhubung dengan keluarga,teman bahkan kenalan baru tanpa terhalang oleh jarak dan waktu. Bagi para pelaku bisnis, facebook bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk promosi bidang usaha atau bisnis mereka,sudah tidak terhitung banyaknya pelaku bisnis yang sudah merasakan manfaat berpromosi lewat facebook.

Selain beberapa manfaat di atas, pada tahun 2015 ini, facebook menghadirkan fitur baru yang dinamakan fitur pencegah bunuh diri. Lebih jelasnya, fitur ini akan membantu anda yang sudah menjadi pengguna facebook yang khawatir dengan kondisi teman, keluarga, ataupun kerabat yang berpotensi melakukan upaya bunuh diri.

Lalu bagaimana cara kerja dari fitur pencegah bunuh diri ini ?

Kebanyakan pengguna facebook memiliki kecenderungan untuk meluapkan perasaan yang sedang mereka alami melalui facebook. Setiap hari akan banyak kita temukan (baca) status – status pengguna dengan berbagai isi, mulai dari status yang menggambarkan perasaan penuh “kebahagiaan” sampai status yang menggambarkan “kegalauan” yang menjurus kepada keinginan sang pembuat status untuk melakukan upaya bunuh diri.

 Nah, disinilah peran anda sebagai pengguna facebook yang memiliki keluarga atau teman yang sering mengupdate status bernuansa “kegalauan”, jika anda merasa khawatir dengan kondisi teman atau keluarga anda tersebut, anda bisa melaporkan status – status nya itu ke tim facebook melalui fitur pencegah bunuh diri.

Facebook sudah menyiapkan tim khusus yang bekerja 24 jam untuk mengkaji laporan – laporan yang masuk dari anda, kemudian tim tersebut akan membantu dengan pendekatan – pendekatan psikologis. Sehingga saat pengguna yang sebelumnya sudah anda laporkan masuk ataul log-in kembali ke facebook, dia akan mendapatkan pesan khusus yang akan muncul di layar perangkatnya. Kemudian dia dapat memilih untuk mencurahkan isi hati atau “curhat” pada seseorang, atau dia bisa juga memilih untuk diberi tips agar tidak larut dalam kesedihan.

Dalam mengembangkan fitur ini, facebook sudah melakukan kerjasama dengan organisasi – organisasi kesehatan mental seperti Forefront, The National Suicide Prevention Lifeline, Now Matters Now, dan Safe.org. Tapi sayangnya,fitur ini untuk sementara baru bisa digunakan di Amerika Serikat, facebook dikatakan masih dan terus mengembangkan fitur yang cocok untuk pengguna di luar AS.

Bagi sebagian orang, fitur ini mungkin dianggap masih tabu, namun sebenarnya cukup penting. Laporan Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) menyebutkan bahwa untuk tahun lalu, lebih dari 800.000 orang meninggal dunia karena bunuh diri. Hal ini mengungkapkan bahwa angka kematian karena konflik, perang, dan bencana alam masih lebih kecil jumlahnya dari angka kematian karena bunuh diri. Dikatakan, setiap 40 detik, seseorang di suatu tempat di dunia meninggal karena bunuh diri.


Sumber gambar : nbcnews.com
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar